SUMBER DAYA KONSUMEN DAN PENGETAHUAN
v Sumber daya konsumen
Adalah segala
sumber daya yang mempengaruhi konsumen untuk membeli barang atau jasa. Sumber
daya konsumen ada 3 macam, yaitu :
- Sumber daya ekonomi adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki baik yang tergolong sumber daya alam maupun potensi sumber daya manusia yang dapat memberikan manfaat.
- Sumber daya sementara adalah sumber daya yang bisa menghemat waktu, keinginan manusia ingin membeli barang dan jasa yang tujuananya menghemat waktu yang ada.
- Sumber daya kognitif adalah sumber daya perencanaan dan pengambilan keputusan seorang konsumen ter hadap apa yang ingin di belinya.
v Pengetahuan
Pengetahuan
Konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam
produk, serta pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan
dengan fungsinya sebagai konsumen. Dalam hal ini pengetahuan konsumen amat
diperlukan. Karena, hal ini dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam
melakukan pembelian. Apa yang dibeli, berapa banyak yang dibeli, dimana membeli
dan kapan membeli akan tergantung kepada pengetahuan. Pengetahuan Konsumen
terbagi kedalam tiga macam, yaitu Pengetahuan Produk, Pengetahuan Pembelian,
Pengetahuan Pemakaian.
a) Pengetahuan Produk
adalah kumpulan
berbagai macam informasi mengenai produk. Pengetahuan ini meliputi kategori
produk, merek terminologi produk atribut atau fitur, harga produk dan
kepercayaan mengenai produk. Jenis Pengetahuan Produk :
·
Pengetahuan tentang
karakteristik/atribut produk
Seorang Konsumen
akan melihat suatu produk berdasarkan kepada karakteristik atau ciri atau
atribut dari produk tersebut. Setiap konsumen mungkin memiliki kemampuan yang
berbeda dalam menyebutkan karakteristik atau atribut dari suatu produk.
Hal ini disebabkan perbedaan pengetahuan yang dimilikinya. Pengetahuan mengenai
atribut tersebut akan mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen. Pengetahuan
yang lebih banyak akan memudahkan konsumen dalam memilih produk yang akan
dibelinya.
·
Pengetahuan Manfaat Produk
Seorang Konsumen
mengkonsumsi gula rendah kalori karena mengetahui manfaat produk tersebut
bagi kesehatan tubuhnya. Manfaat yang dirasakan konsumen. Setelah mengkonsumsi
gula rendah kalori yaitu dapat menghindari penyakit diabetes. Inilah yang
disebut sebagai pengetahuan tentang manfaat produk.
b)
Pengetahuan
Pembelian
terdiri atas
pengetahuan tentang toko, lokasi produk di dalam toko dan penempatan produk
yang sebenarnya di dalam toko tersebut. Pengetahuan Konsumen cenderung lebih
senang mengunjungi toko yang sudah dikenalnya untuk berbelanja, karena telah
mengetahui dimana letak produk di dalam toko tersebut. Hal ini akan memudahkan
konsumen untuk berbelanja atau melakukan pembelian. Hal ini akan memudahkan
konsumen untuk berbelanja karena konsumen bisa menghemat waktu dalam mencari
lokasi produk. Menurut Petter dan Olson (1999), perilaku membeli meliputi
store contact, product contact, dan Transaction.
·
Store contact meliputi tindakan mencari
outlet, pergi ke outlet dan memasuki outlet.
·
Product contact, konsumen akan mencari
lokasi produk, mengambil produk tsb dan membawanya ke kasir
·
Transaction, konsumen akan membayar
produk tersebut dengan tunai, kartu kredit, kartu debet atau alat
pembayaran lainnya.
c)
Pengetahuan
Pemakaian
Yaitu suatu produk akan memberikan
manfaat kepada konsumen jika produk tersebut telah digunakan/ dikonsumsi.
Agar produk tersebut bisa memberikan manfaat yang maksimal dan kepuasan yg
tinggi, maka konsumen harus bisa menggunakan/ mengkonsumsi produk tersebut
dengan benar. Produsen berkewajiban untuk memberikan informasi yang cukup agar
konsumen mengetahui cara pemakaian suatu produk. Pengetahuan pemakaian suatu
produk adalah penting bagi konsumen.
v Sumber
Daya Konsumen Ekonomi
Uang adalah alat
transaksi yang sangat diperlukan oleh konsumen untuk membeli produk. Keputusan
Konsumen sehubungan dengan produk dan merek sangat dipengaruhi oleh
jumlah sumber daya ekonomi misalnya uang. Tanpa uang konsumen tidak bisa
membeli apapun. Pembelian sangat dipengaruhi oleh pendapatan konsumen
sama halnya dengan, harapan konsumen mengenai pendapatan masa datang menjadi
variabel penting dalam meramalkan perilaku konsumen.
Potensi sumberdaya
ekonomi atau lebih dikenal dengan potensi ekonomi pada dasarnya dapat diartikan
sebagai sesuatu atau segala sesuatu sumberdaya yang dimiliki baik yang
tergolong pada sumberdaya alam (natural resources/endowment factors) maupun
potensi sumberdaya manusia yang dapat memberikan manfaat (benefit) serta dapat
digunakan sebagai modal dasar pembangunan (ekonomi) wilayah tingkat
ketergantungan terhadap sumberdaya secara structural harus bisa dialihkan pada
sumberdaya alam lain. Misalnya, penggunaan energy sinar matahari, panas bumi,
atau gelombang laut termasuk angin, akan dapat mengurangi ketergantungan
manusia terhadap sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui.
v Sumber Daya Sementara
·
Barang yang Menggunakan Waktu
Produk yang memerlukan pemakaian waktu dalam mengkonsumsinya. Contoh: menonton TV, memancing, golf, tennis (waktu Senggang) tidur, perawatan pribadi, pulang pergi (waktu wajib)
Produk yang memerlukan pemakaian waktu dalam mengkonsumsinya. Contoh: menonton TV, memancing, golf, tennis (waktu Senggang) tidur, perawatan pribadi, pulang pergi (waktu wajib)
·
Barang Penghemat Waktu.
Produk yang menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa mereka. Contoh: oven microwave, pemotong rumput, fast food.
Produk yang menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa mereka. Contoh: oven microwave, pemotong rumput, fast food.
v Sumber
Daya Kognitif
Sumber daya
Kognitif menggambarkan kapasitas mental yang tersedia untuk menjalankan
berbagai kegiatan pengolahan informasi Alokasi Kapasitas Kognitif dikenal
sebagai perhatian (attention). Perhatian terdiri dari dua dimensi:
· Arahan
(direction) menggambarkan fokus perhatian
· Intensitas
mengacu pada jumlah kapasitas yang difokuskan pada arahan tertentu. Karena
kapasitas tersebut terbatas, orang harus selektif dalam apa yang mereka
perhatikan dan berapa banyak perhatian dialokasikan selama pengolahan
informasi.
Pengertian
sumber daya kognitif adalah kemampuan untuk secara lebih tepat
merepresentasikan dunia dan melakukan operasi logis dalam representasi konsep
yang berdasar pada kenyataan. Teori ini membahas munculnya dan diperolehnya
skema tentang bagaimana seseorang mempersepsikan lingkungannya dalam
tahapan-tahapan perkembangan, saat seseorang memperoleh cara baru dalam
merepresentasikan informasi secara mental. Teori ini digolongkan ke dalam
konstruktivisme.
v Kandungan Pengetahuan
Kajian Myke
mendefinisikan kandungan pengetahuan sebagai “jumlah keupayaan sumber tenaga
manusia, asset dan pengamalan kepimpinan, modal teknologi dan maklumat,
hubungan kerjasama, harga intelek, stok maklumat serta kebolehan untuk
berkongsi pembelajaran dan penggunaan, yang boleh digunakan untuk menjaga
kekayaan dan meningkatkan daya saing ekonomi.
v Organisasi Pengetahuan
Pengetahuan
Konsumen akan mempengaruhi Keputusan Pembelian. Apa yang dibeli,berapa banyak
yang dibeli, dimana membeli dan kapan membeli akan tergantung kepada
pengetahuan konsumen mengenai hal-hal tersebut. Pengetahuan Konsumen adalah
semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk, serta
pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan
fungsinya sebagai konsumen.
·
Pengetahuan tentang karakteristik
/atribut produk
·
Pengetahuan tentang manfaat produk
·
Pengetahuan tentang kepuasan yang
diberikan produk kepada konsumen
Manfaat
fungsional yaitu manfaat yang diraksan konosumen secara fisiologis
Manfaat psikososial, yaitu aspek psikologis dan aspek sosial yang dirasakan konsumen setelah
mengkonsumsi suatu produk
v Mengukur Pengetahuan
Cara yang paling
nyata dalam mengukur kemampuan pengetahuan adalah menilai secara langsung isi
ingatan. Beberapa indikator pengukur pengetahuan antara lain
·
Pengetahuan Objektif (Objective
Knowledge)
Pengukuran yang menyadap apa yang
benar-benar sudah disimpan oleh konsumen di dalam ingatan
·
Pengetahuan Subjektif (Subjective
Knowledge)
Dipengaruhi oleh kepercayaan diri
seseorang yaitu bahwa orang yang percaya diri mungkin melaporkan secara
berlebihan tingkat pengetahuan mereka (Engel, Blackwell & Miniard, 1994,
p.331-332).
Sumber:
http://tugasidaherlina.blogspot.co.id/2013/10/sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar